Danrem 174 / ATW

/media/images/danrem-buat-web_3226-copy

Photo Gallery

 

PANGDAM XVII/CENDERAWASIH TINJAU PEMBUKAAN LAHAN 10.000 HA DIWILAYAH MERAUKE
 
Merauke (07/09) Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Ziburian beserta Aster Kasdam XVII/Cenderawasih tiba di bandara Mopah Merauke dalam rangka peninjauan program pembukaan 10.000 Ha lahan sawah di wil kab. Merauke yang disambut oleh Danrem 174/ATW Brigjen TNI Supartodi, S.E., M.Si., Bupati kab. Merauke Romanus Mbaraka dan para Dansat dan Kabalak Disjan Korem 174/ATW.
 
Pembukaan lahan 10.000 Ha merupakan program Presiden Republik Indonesia bekerja sama dengan Panglima TNI dalam rangka mewujudkan Swasembada pangan, dimana Merauke adala sebagai lumbung pangan Nasional kawasan Indonesia timur.
 
Saat berada di posko pembukaan lahan persawahan SP 9, Tanah Miring, Pangdam XVII/Cenderawasih menerima paparan dari Kepala Pelaksana pembukaan lahan 10.000 Ha, kolonel. Czi. M. Budi, dalam paparannya kol. Czi. M Budi menyampaikan bahwa saat ini pembukaan lahan di sektor "A" timnya telah membuka 400 Ha lahan dan 50 Ha diantaranya sudah siap utk di tanami. Dalam penherjaanya segala tahapan pembukaan lahan mulai dari Land clearing, land levelling, hingga tahapan harrow and rotari dilakukan bersama-sama anggota TNI-AD dengan melibatkan warga sipil sebagai perencana. Berbagai hambatan yang dialami mulai dari vegetasi di area land clearing dimana hutan yang sangat rapat sehingga menyulitkan pencabutan akar-akar pohon selain itu juga belum adanya kejelasan dri Dinas Pertanian dan Hultikultura kab. Merauke tentang lahan selanjudnya yang siap untuk dibuka, sementara itu tuntutan 3.600 Ha harus rampung pada bulan Desember tahun ini.
 
 Menyikapi hal tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian memberikan arahan agar tim perencana segera membuat pemetakan pd 9 titik rencana lahan yg akan dibuka dimana setiap titiknya dpt dibuka seluas 400 Ha, sehingga diharapkan 3.600 Ha yang akan dibuka tahun ini dapat terealisasi serta terus lakukan koordinasi dengan pemda Provinsi Papua, khususnya dinas terkait termaksuk Dinas pertanian Kab. Merauke terkait dengan pencairan dana untuk menunjang operasional program 10.000 Ha lahan sawah. Pangdam juga memerintahkan kepada Kepala Pelaksana untuk kembali berkoordinasi kepada satuan-satuan zipur yang ada agar dapat mengirimkan personilnya yang mahir mengoperasionalkan alat berat sehingga hambatan yg dihadapi dapat teratasi.
 
Usai memberikan arahan Pangdam di dampingi Danrem dan Kepala pelaksana lapangan pembukaan lahan melihat langsung 400 Ha. Areal lahan yg telah di buka, termaksuk meninjau lahan yg baru dibuka di Sektor "B", yg baru memasuki tahap land clearing. Mengakhiri peninjauanya Pangdam melanjutkan mengunjungi lahan pertanian PT. Parama Pangan yg telah ditanami di Wapeko skaligus melihat langsung sumur bor yang telah di buat oleh Denzipur 11 serta melakukan peninjauan langsung terhadap proses pengeboran sumur dengan menggunakan alat Denzipur 11/MA untuk mendukung pengairan lahan sawah.
Ditulis Oleh Penrem 174/ATW Tanggal 08-September-2015
Di Group berita Kategori umum
    Komentar
    Nama
    Email
    Web
    Komentar

    Pejabat

    Pendaftaran Prajurit

    Search

    Flag Counter