Danrem 174 / ATW

/media/images/danrem-buat-web_3226-copy

Photo Gallery

 

BABINSA KORAMIL 1710-04/TEMBAGAPURA HADIRI ACARA ADAT BAKAR BATU WARGA SEBAGAI SARANA MENDEKATKAN DIRI DAN MONITORING SITUASI DI WILAYAH BINAAN
 
Timika ~ Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Papua memiliki tradisi yang cukup unik yaitu upacara Bakar Batu . Ini merupakan upacara tradisional yang penting dilakukan oleh masyarakat , dimana Tujuan dari upacara tersebut adalah untuk menunjukkan rasa syukur, menyambut kebahagiaan atas kelahiran, kematian, pengumpulan dana atau dilakukan untuk mengumpulkan prajurit ketika berperang. Suku yang tinggalnya di daerah pegunungan yang terkenal dengan memasak dengan membakar batu, inilah suku yang biasanya melakukan upacara Bakar Batu.
 
Sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dapat digunakan sebagai sarana untuk mendekatkan Babinsa dengan warga masyarakat serta menumbuhkan hubungan Kekeluargaan antara TNI dan masyarakat sekaligus sebagai wahana untuk melakukan giat monitoring wilayah. Selain itu, tujuan dari Komsos yaitu untuk mempererat tali silaturahmi, menyamakan persepsi serta kerjasama yang erat dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.
 
Sebagai contoh yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1710-04/Tembagapura, kali ini Serka Parwanto beserta 3 orang Babinsa Koramil 1710-04/Tembagapura melaksanakan Komsos dengan melaksanakan pemantauan kegiatan acara bakar batu dalam rangka penghimpunan dana atas kecelakaan yang terjadi di sp 9 Distrik Iwaka bertempat di Kampung Kimbeli Distrik Tembagapura Kab. Mimika, Minggu (7/04/2019).
 
Serka Parwanto disela-sela  kegiatan Komsosnya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI khususnya Aparat Kowil kepada masyarakat di wilayah binaannya, tujuan Komsos ini juga untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah binaan, dengan adanya interaksi komunikasi dengan warga maka akan dapat mempererat hubungan TNI dengan Rakyat.
 
“Dengan kegiatan komsos yang dilaksanakan oleh Aparat Kowil khususnya Babinsa semoga dapat diterima positif oleh masyarakat sehingga Babinsa yang selalu memantau wilayah desa binaannya, mereka akan tahu permasalahan di desanya, sehingga jika ada permasalahan dengan cepat dapat diatasi dan diselesaikan” ungkap Serka parwanto.
 
Salah satu tokoh Masyarakat suku Dani bapak Tino Wanimbo yang tinggal di sp.9 Distrik Iwaka menyampaiakan bahwa pada kesempatan ini warga suku Dani dan Damal berkunjung ke kampung Kimbeli guna melaksanakan acara bakar batu dalam rangka menggalang sumbangan dana guna menebus Denda akibat kecelakaan sesama suku Dani sebesar 1,5 Milyar sekaligus ucapan terimakasih kepada para Babinsa yang selalu hadir ditengah tengah warga sehingga dengan kehadiran Babinsa acara berjalan dengan lancar, aman dan tertib.
Ditulis Oleh Penrem 174/ATW Tanggal 08-April-2019
Di Group berita Kategori umum
    Komentar
    Nama
    Email
    Web
    Komentar

    Pejabat

    Pendaftaran Prajurit

    Search

    Flag Counter